Pura Gede Perancak

Objek Wisata Pura Perancak di Jembrana Bali ini memiliki pemandangan yang indah, terdapat pemandangan sungai berliku dengan aliran air yang tenang, alam asri pedesaan dengan paduan rumah tradisional dan lambaian pohon nyiur yang ditiup angin pantai sungguh menyejukkan mata, sehingga nuansa pura cocok untuk wisata religi, dan bagi anda yang haus dengan alam spiritual sangat cocok sekali mendapatkan inspirasi ketenangan di sini. Sejarah awal Objek Wisata Pura Perancak di Jembrana Bali adalah berkaitan erat dengan kedatangan Danghyang Dwijendara (Dang Hyang Nirartha) atau beliau disebut juga Pedanda Wau Rawuh. Diceritakan saat beliau datang ke Bali dari Jawa Dwipa (blambangan) bersama tujug putera dan istrinya, beliau tiba di tepi pantai Jembrana dan bertemu dengan I Gusti Ngurah Rangsasa di Pura Usang yang juga merupakan pemimpin desa yang memiiki perilakunya angkuh, siapapun harus tunduk kepadanya, dan peraturan harus ditaati. Begitu juga dengan Danghyang Dwijendara, I Gusti Ngurah memaksa Dang Hyang Dwijendara untuk bersembahyang dan mencakupkan tangan di Pura ini. Batu yang ada di Pura terbelah menjadi dua dan pura roboh (encak), merasa kesaktiannya kalah, I Gusti Ngurah Rangsasa melarikan diri ke Utara sampai di Sawe, sampai menemui ajalnya Di sana, sehingga tempat tersebut dinamakan Sawe Rangsasa. Pemangku Pura minta maaf atas kejadian tersebut dan meminta Dang Hyang Dwijwndra untuk mengembalikan Pura tersebut, karena kesaktiannya dan anugrah Ida Sang Hyang Widi, beliau bisa mengembalikan pura seperti asalnya.Kemudian Pura Usang ini berubah nama menjadi Pura Encak atau yang lebih dikenal nama Perancak. Di Pura Perancak ini ada meru tumpang tiga sebagai tempat pemujaan Pedanda Wau Rawuh, disebelah kirinya ada sebuah gedong juga sebagai tempat stana I Gusti Ngurah Rangsasa berdampingan, mungkin ini merupakan konsep rwa bhineda di Bali, antara kebaikan dan keburukan, siang malam, skala dan niskala, susah senang, tidak bisa dipisahkan. Di kawasan ini terdapat pula Taman Wisata Tibukleneng yang bisa dinikmati saat liburan.

DISCOVER THE BEAUTIFUL VIEW OF Pura Gede Perancak

Pura Gede Perancak

Pura Gede Perancak

Pura Gede Perancak

Pura Gede Perancak

MAP AND INFORMATION

Tentunya sarana transportasi apa yang anda pakai untuk berwisata ke Objek Wisata Pura Perancak di Jembrana Bali dengan memakai kendaraan pribadi seperti : Mobil atau motor pribadi. Anda bisa meminta panduan arah ke Objek Wisata Pura Perancak di Jembrana Bali di google maps yang terpasang di smartphone anda. Karena memakai kendaraan pribadi akan lebih menyenangkan dari pada memakai kendaraan umum. Akan tetapi jika anda memakai kendaraan umum seperti : bis umum atau angkutan lainnya juga bukan masalah besar, pasalnya anda bisa berhenti di terminal bus Kota Jembrana. Setelah itu melanjutkan dengan menggunakan ojek ataupun kendaraan pribadi anda menuju Desa Perancak hingga sampai di lokasi Objek Wisata Pura Perancak di Jembrana Bali tersebut.
Objek Wisata Pura Perancak di Jembrana Bali bisa dibilang sebuah wisata religi yang memiliki beberapa akan fasilitas dan pelayanan di antaranya sebagai berikut : - Area Parkir kendaraan - Warung Makan - Kamar mandi / MCK - Tempat Istirahat - Hotel / Penginapan